Kurikulum PGSD FKIP UMS


NoCPL
CPL 1Mampu menunjukkan sikap takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan cinta tanah air -A5-
CPL 2Mbampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat sesuai nilai-nilai Pancasila -P4-
CPL 3Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, dan atau temuan orisinal orang lain. -A3-
CPL 4Mampu menginternalisasi semangat mandiri dan kerja keras dalam berwirausaha. -A5-
CPL 5Mampu menerapkan konsep, prinsip, serta teori dalam bidang pendidikan dan perkembangan peserta didik di sekolah dasar. -C3/P4-
CPL 6Mampu menyelesaikan permasalahan terkait konsep pengetahuan bidang studi dan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS di sekolah dasar dengan memperhatikan kearifan lokal. -C5-
CPL 7Mampu menerapkan konsep serta teknik layanan bimbingan konseling di sekolah dasar -C3-
CPL 8Mampu menyusun perangkat pembelajaran di sekolah dasar. -C6-
CPL 9Mampu menerapkan konsep serta prosedur penelitian yang memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di sekolah dasar. -C3-
CPL 10Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan serta teknologi secara humanis sesuai bidang keahlian di sekolah dasar. -P4-
CPL 11Mampu menyusun hasil kajian pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk skripsi atau artikel ilmiah secara cermat untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi -C6-
CPL 12Mampu mengembangkan jiwa kepemimpinan di dalam maupun luar lembaganya. -A5-

PEODESKRIPSI PROFIL LULUSANINDIKATORTARGET PENCAPAIAN
PEO-01Lulusan yang berkomitmen mengembangkan pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu pendidikan sekolah dasar, serta keislaman secara berkelanjutan. (academics)

  1. Memperbarui pengetahuan di bidang ilmu pendidikan sekolah dasar

  2. Mengikuti pelatihan atau sertifikasi keahlian di bidang sekolah dasar

  3. Melanjutkan studi ke jenjang profesi dan atau pendidikan tinggi

  4. Menulis publikasi di jurnal/prosiding/media massa.

  5. Mengikuti kajian rutin keislaman secara berkelanjutan.

Minimal 75% alumni memenuhi satu di antara indikator.
PEO-02Lulusan yang profesional dalam pendidikan sekolah dasar yang mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan kearifan lokal. (employability

  1. Menjadi guru dan atau bekerja di bidang sekolah dasar.

  2. Sebagai narasumber di bidang pendidikan sekolah dasar.

  3. Menghasilkan karya di bidang pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kearifan lokal.

  4. Berwirausaha di bidang pendidikan

Minimal 75% alumni memenuhi satu di antara indikator
PEO-03Lulusan yang berperan dan berkontribusi secara aktif dalam penerapan IPTEKS dan penyelesaian masalah pendidikan di masyarakat sesuai nilai-nilai keislaman. (personal development-skills)

  1. Berperan aktif dalam penerapan IPTEKS di masyarakat.

  2. Terlibat sebagai pengurus atau anggota dalam organisasi masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

  3. Menjadi khatib atau juru dakwah Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

  4. Menjadi tokoh masyarakat yang menguasai penyelesaian masalah pendidikan di masyarakat.

Minimal 30% alumni memenuhi satu di antara indikator.

konversi