BOYOLALI. Tanggal 12 hingga 15 Oktober 2024, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMP PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melaksanakan program kerja pengabdian kepada masyarakat di Desa Rembun, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Dengan tema “Pengelolaan Limbah dan Kreativitas Anak Sekolah Dasar Berorientasi Penguatan 3M pada Era 4.0”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan warga dalam mengelola limbah serta mengembangkan kreativitas anak-anak sekolah dasar di era digital yang berkelanjutan.
Sabtu, 12 Oktober 2024 adalah hari pertama dimana kami melaksanakan kegiatan pengabdian, kegiatan ini kami laksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Rembun diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah yang menyampaikan apresiasi dan harapan besar untuk kesuksesan acara ini. Setelah itu, siswa kelas 1 hingga kelas 6 terlibat dalam sesi kepramukaan yang menarik dan interaktif melalui permainan post to post. Mereka mengunjungi berbagai pos, termasuk pos ketangkasan, pos indra penglihatan, pos indra penciuman, serta pos materi pramuka. Di pos materi pramuka, siswa belajar tentang sejarah pramuka, Dasa Dharma, dan Tri Satya, dengan tujuan menumbuhkan jiwa kepanduan sejak dini. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 10.30 WIB, di mana para peserta didik dengan antusias berpindah dari satu pos ke pos lainnya, belajar sambil bermain dengan cara yang menyenangkan.
Senin, 14 Oktober 2024 adalah hari kedua dimana kami melaksanakan kegiatan pengabdian, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pembuatan celengan dari barang bekas. Kegiatan yang berlangsung di ruang kelas ini dirancang untuk mengajarkan pentingnya daur ulang serta memancing kreativitas anak-anak dalam menciptakan karya dari bahan sederhana yang ada di sekitar mereka. Dengan memanfaatkan botol plastik bekas, kertas origami, dan berbagai bahan lainnya, mereka diajak membuat celengan dengan cara yang menyenangkan. Kegiatan ini berjalan dari pukul 08.00 hingga 10.30 WIB, dan peserta didik tampak antusias dalam berkreasi, diharapkan juga melalui kegiatan ini mereka dapat memahami konsep reduce, reuse, dan recycle.